Friday, June 17, 2011

morfologi rusia - Kata Bilangan

52. Kata Bilangan (Numeral)

52.1 Makna, Ciri Morfologi, dan Peran Kata Bilangan dalam Sintaksis

255-256

Kata bilangan – bagian dari kelas kata mandiri, menyatakan jumlah, kuantitas bilangan, dan menghitung urutan (ordinal) benda: тринадцать, сто двадцать пять, восьмидесятый, dan lain-lain. Pada menyatakan jumlah dan kuantitas benda kata bilangan menjawab pertanyaan <<сколько?>> (два, пять), pada menghitung urutan (ordinal) benda – menjawab pertanyaan <<который?>> (второй, пятый)

Kata bilangan harus dibedakan dari kelas kata lain dengan makna kuantitas benda: два – bilangan, двойка – nomina, двойной – adjektiva; четыре, четвертый – bilangan, четверть ,четверка – nomina; сто – bilangan, сотня – nomina. Nomina digunakan untuk menyatakan benda dan menjawab pertanyaan <<что?>> (двойка, пятёрка). Adjektiva menyatakan ciri benda dan menjawab pertanyaan << какой?>> (двойной, тройной). Nomina dengan makna kuantitas memiliki jenis (gender) dan dapat dimengerti definisinya: получил нежеланную тройку (тройка - ж . р). Kardinal, umumnya tidak ada kategori jenis (gender) dan tidak dapat dimengerti definisinya: три книги, сто дней.

Kata bilangan menyatakan kuantitas benda terlepas dari bendanya dan di luar konteks hanya memberi gambaran tentang kuantitas. Kata bilangan dapat digabungkan hanya dengan nomina atau dengan kata-kata, berlaku sebagai makna nomina: семьдесят лет, третья попытка, двое друзей, трое ученых.

Ciri morfologi kata bilangan memiliki jenis berbeda. Contohnya, kata bilangan kardinal sebagian besar tidak memiliki kategori jumlah dan jenis (gender), bilangan ordinal sesuai kategori. Kata bilangan terkena perubahan deklinasi kasus untuk menghitung lebih dari puluhan.

Dalam kalimat, kata bilangan terdiri atas bagian utama dan yang sekunder. Pada satu kalimat bisa terdapat penggabungan antara kata bilangan kardinal dan kolektif: 1. муж был старше меня на двадцать лет, но мы жили счастливо, у нас было двое красывих детей (Б. Ян). 2.вторым видом движения, изучение которого вызвало интерес у ученных дверности, было прямолинейное движение (Б. Спасский).

Struktur kata bilangan dibagi atas sederhana, kompleks, dan majemuk. Sederhana (простыми) maksudnya hanya mempunyai satu akar kata: семь, сто, сорок. Kompleks (сложными) maksudnya memiliki akar kata banyak: шестьдесят, двухсоттысячный. Majemuk (составные) maksudnya terdiri dari beberapa kata: сорок пять, сто семьдесят второй, тысяча пятьсот семьдесят восемь.

Kata bilangan dari одиннадцати sampai девятнадцати, dan двадцать ,тридцать dalam Bahasa Rusia modern memiliki bentuk sederhana: девятнадцать, двадцать ,тридцать. Hal ini ditegaskan pula dalam deklinasi numeral. Sekarang ini perubahan pada bagian pertama tidak muncul. Bandingkan: пятнадцати, пятидесяти; пятнадцатью, пятьюдесятью, и.т.д.

52.2 Kategori Kata Bilangan (Numeral) Berdasarkan Makna

hal 257 - 258


Berdasarkan maknanya, kata bilangan terbagi menjadi bilangan kuantitas (cardinal), kolektif, dan urutan (ordinal).

Bilangan kuantitas (cardinal) adalah nama kata bilangan yang menandai jumlah benda dan menjawab pertanyaan сколько? (пять, тридцать, сто двадцать один).

Bilangan kuantitas (cardinal) tidak memiliki kategori jumlah (числа) dan jenis (рода). Namun terdapat pengecualian pada kata один, два, тысяча, миллион, миллиард, триллион, биллион, полтора.

Kata bilangan один berubah berdasarkan jenis (род) (один шаг, одна конфета, одно окно) dan jika digabungkan dengan nomina yang hanya terdapat dalam bentuk jamak, один digunakan dalam bentuk jamak. Contohnya: одни брюки (satu celana), одни ворота (satu gerbang).

Kata один mungkin juga dapat bertindak sebagai makna lain pada kelas kata. Contohnya :

a) Kata ganti (pronomina) : мы идем по пазным смопонам одной улицы (= той же самой)

b) Partikel : музыка для него одно пазвлечение (= только)

c) Kata benda : один в поле не воин

Kata bilangan два, полтора (satu setengah) pada kasus nominative dan kasus accusative memiliki perubahan akhiran kata berdasarkan jenis kelamin yang berbeda. Contoh : два человека (м.р), два письма (ср.р), две задачи (ж.р), полтора часа (м.р), полторы недеки (ж.р)

Kata bilangan тысяча, миллион, миллиард, триллион, биллион memiliki jenis kelamin (тысяча - ж.р; миллион, миллиард, триллион, биллион - м.р), berubah mengikuti jumlah (тысячи, миллионы, миллиарды) dan kasus, dan окончаниие kata bilangan тысяча sama dengan deklinasi pertama nomina (тысячи, тысыче, тысячу и.д.т), dan kata bilangan миллион, миллиард и.д.т. – seperti deklinasi kedua nomina (миллиона, миллиону, миллионом и.д.т).

Bilangan cardinal (kecuali один, тысяча, миллион, миллиард dan yang lainya yang memiliki jenis) memiliki karakteristik spesifik saat dikombinasikan dengan nomina. Pada bentuk kasus nominative dan accusative, mereka menjadi kata utama dan mengendalikan nomina : тпи стула, пять столов, семь человек. Bilangan два, три, четыре menuntut supaya nomina berada pada kasus genitive tunggal (трех стульев, трем стульям, тпемя стульями, трех стульях), sedangkan .пять, шесть dan seterusnya pada kasus genitive jamak (пяти столов, пяти столам, пятью стплами, пяти столах). Pada kata bilangan yang lain, tergantung pada nominanya.

Secara terpisah, kita perlu memperhatikan tentang adanya bilangan pecahan dan bilangan campuran. Suatu pelajaran menurut tradisi mengelompokkan mereka kedalam kelompok khusus dalam kata bilangan cardinal, yaitu bilangan pecahan (дробным). Bilangan pecahan terdiri dari dua bagian, yang pertama dari bentuk kata bilangan cardinal, yang kedua adalah angka urutan (ordinal). : шесть седьмых , одна четвермая.

Untuk menandai tipe kata bilangan, digunakan gabungan antara bilangan cardinal dan целая (seluruh). Contoh : одна целая пять десятых (satu- lima per sepuluh) , три целых четыре децятых (tiga- empat persepuluh) ; bias juga menggunakan kombinasi bilangan cardinal dengan urutan (ordinal) : ½ - одна вторая , 7/8 - семь восьмых.

(Hal. 259-260)

Kata bilangan kolektif menyatakan jumlah kombinasi , tapi satu keseluruhan: двое, трое. Kata bilangan ini dibentuk dari bilangan kardinal dengan bantuan sufiks о-, -ер-. Kata bilangan kolektif tidak mempuyai kategori jenis dan jumlah, berubah berdasarkan kasus: трое, троих, троим, и т.д. kata bilangan ini juga dapat dikombinasikan dengan kata ganti milik (нас двое) dan kata benda yang:

1. Мужской род hidup: двоа парней, трое студента.

2. Anak binatang: семеро котят.

3. Kata benda yang hanya berbentuk jamak: трое часов,

4. Дети, лицо ( yang bermakna человек)

Pada kasus tidak langsung sebaiknya tidak menggunakan bilangan kolektif (двое – десятеро), tetapi menggunakan kardinal: contoh, двое учеников tetapi двум ученикам.

Pada bilangan kolektif juga terdapat kata обо untuk м.р. dan с.р. ,dan обе untuk ж.р.yang berarti ‘keduanya’.

Kata bilangan ordinal menyatakan urutan benda dalam perhitungan dan menjawab pertanyaan который, contoh: первый, второй.

Pada bilangan ordinal majemuk, bagian pertama biasanya menggunakan bentuk kasus genitive, contoh: пятидесятый, четырехтысячный.

Pada bilangan ordinal terstruktur, yang menggunakan bentuk ordinal hanya kata terakhir, contoh: семьдесят второй, восемьсот двадцать четвертый.

Bilangan ordinal perubahannya mengikuti perubahan kata sifat, jenis (пятый, пятое, пятая), jumlah (четвертый, четвертые), dan kasus (первый, первого, первом).

52.3 Deklinasi Kata Bilangan (Numeral)

(Hal 260-261)

1. Kata Bilangan Urutan (Ordinal)

Kata bilangan urutan (ordinal) seperti первый, второй, dan seterusnya.

a. Kata bilangan urutan dideklinasi seperti kata sifat.

Contohnya; седьмой, седьмого, седьмому, и.т.д.

b. Pada deklinasi kata bilangan ordinal komplek, berubah hanya pada bagian terakhirnya.

Contohnya; пятидесятый, пятидесятого, пятидесятому, пятидесятым, и.т.д.

c. Pada deklinasi kata bilangan urutan (ordinal) majemuk, berubah hanya pada kata terakhirnya.

Contohnya; сто двадцать пятый, сто двадцать пятого, сто двадцать пятому, и.т.д.

2. Kata Bilangan Kolektif

a. Kata bilangan kolektif seperti “двое, трое” dideklinasi seperti kata sifat deklinasi jenis lunak pada bilangan jamak.

Contohnya; двоих, двоим, двоими, и.т.д.

b. Kata bilangan kolektif dengan suffiks-ер-” (четверо, прятеро, dst.) memiliki akhiran menurut kasus kata sifat deklinasi jenis keras pada bilangan jamak.

Contohnya; четверых, четверым, четверыми, и.т.д.

c. Kata bilangan kolektif “оба” (dikombinasikan dengan kata benda jenis maskulin dan netral) pada deklinasi memiliki dasar bunyi “о”.

Contohnya; обоих, обоим, обоими.

Pada perpaduan atau kombinasi dengan kata benda jenis feminin, dipakai kata “обе”, yang dimana pada deklinasi tinggal huruf “е”.

Contohnya; обеих, обеим, обеими.

3. Kata Bilangan Pokok (Kardinal)

Kata bilangan pokok (kardinal) memiliki beberapa versi deklinasi.

a. Bilangan “один” (satu) dideklinasi seperti kata sifat.

Contohnya; одного, одному, одним, (об) одном.

b. Bilanganдва, три, четыре” (dua, tiga, empat) memiliki bentuk sebagai berikut pada bilangan tunggal.

Contohnya;

И. Два Три Четыре

Р. Двух Трех Четырех

Д. Двум Трем Четырем

В. Два (-ух) Три (-ех) Четыре (-ех)

Т. Двумя Тремя Четырьмя

П. (о) Двух (о) Трех (о)Четырех

c. Bilangan dariпяти” (lima) sampaiдвадцати” (duapuluh) danтридцати” (tigapuluh) dideklinasi seperti kata benda deklinasi ketiga pada bilangan tunggal.

Contohnya;

И. Пять Тридцать

Р. Пяти Тридцати

Д. Пяти Тридцати

В. Пять Тридцать

Т. Пятю Тридцатю

П. (о) Пяти (о) Тридцати

d. Pada bilanganсорок, девяносто, сто” (empatpuluh, sembilanpuluh, seratus) kasus akusatif berpadanan dengan nominatif, tetapi kasus yang lainnya ditulis dengan akhiran-a”.

Contohnya; сорока, девяноста, ста.

(Hal. 262-263)

Kata bilangan полтора (полторы) pada kasus tidak langsung, kecuali akusatif, mempunyai bentuk полутора kata bilangan полторастаполутораста.

Pada kata bilangan yang komplek, menyatakan puluhan dari 50-80 dan ratusan dari 200-900, mendeklinasikan kedua bagian: pada bilangan dari 50-80 kata benda deklinasi ketiga bentuk tunggal; pada bilangan 200-900 – bagian pertama berhubungan kata bilangan, bagian kedua (родительный, дательный , творительный, предложный падежи) kata benda deklinasi pertama pada bentuk jamak.

И. Семьдесят двести

Р. Семидесяти двухсот

Д. Семидесяти двумстам

В. Семьдесят двести

Т. Семьюдесятью двумястами

П. (о) семидесяти (о) двухстах

Pada kata bilangan majemuk mendeklinasi semua bagian:

И. Тридцать тысяч шестьдесят восемь

Р. Тридцати тысяч шестьдесяти восеми

Д. Тридцати тысячам шестидесяти восьми

В. Тридцать тысяч шестьдесят восемь

Т. Тридцатью тысячами шестьюдесятью восьми

П. Тридцати тысячах шестидесяти восьми

52.4 ANALISIS MORFOLOGI KATA BILANGAN

(Hal. 262-263)

Skema analisis morfologi

I. Kelas kata. Bentuk awal ( kasus nominatif (именительный падеж), jenis maskulin (kalau ada), bentuk tunggal (kalau ada))

II. Ciri morfologi :

1. Tetap:

a) Kategori berdasarkan struktur (sederhana, komplek, majemuk)

b) Kategori berdasarkan makna (kardinal, kolektif, ordinal)

2. Tidak tetap:

a) Kasus

b) Jumlah (kalau ada)

c) Jenis (gender) (kalau ada)

III. Peran sintaksis

Pola analisis Morfologi

Третьим больным в восьмойм палате был чёрныи студент Торбецкий (Л. Андреев)

(ketiga pasien di kamar kedelapan ada mahasiswa hitam Torbetskii)

I. Bосьмой – kata bilangan, merupakan bentuk awal.

II. Ciri morfologi :

1) Tetap: sederhana, ordinal

2) Tidak tetap: pada bentuk kasus lokatif (предложный падеж), bentuk tunggal, jenis feminin.

III. В палате (yang mana?) восьмой

53 Penulisan Numeral (kata bilangan)


53.1 Bilangan kompleks dan majemuk

1. Pada bilangan ditulis beberapa kata, beberapa dijumlah angka, tidak ditulis nol, ditambah kata-kata <тысяча>, <миллион>, <миллиард> и т.д: 145 (3 angka): сто сорок пять, сто сорок пятый; 7029 ( 3 angka + <1000>): семь тысяч двадцать девять, семь тысяч двадцать девятый

Pengecualian:

a. bilangan dari одиннадцати (11) sampai девятнадцати (19), yang ditulis sebagai satu kata, walaupun dinyatakan dua angka: 111, 215 - 3 angka, tetapi 2 kata (сто одиннадцать, сто одиннадцатый; двести пятнадцать, двести пятнадцатый)

b. bilangan ordinal yang berakhiran –тысячный, -миллионный, -миллиардный: семидесятипятитысячный, сорокмиллионный, трехмиллиардный

c. kata двухсполовинный ()

2. Bilangan pecahan ditulis terpisah: семь восьмых (tujuh seperdelapan), три целых одна седьмая ()

3. Semua bagian bilangan ordinal yang kompleks, selain diakhir, menggunakan bentuk kasus genetif (kasus 2): двадцатипятитысячный (25 ribu), сорокамиллионный (40 juta)

Pengecualian: kata сто (100), девяносто(90): стомиллионный, девяностотысячный

53.2 Akhiran bilangan

1. Pada bilangan триста, четыреста ditulis dengan akhiran -а, pada bilangan девяносто -- -о, pada bilangan двести -- -и

2. Bilangan, menyatakan jumlah dari 11 sampai 19, pada genitif (kasus 2), datif (kasus 3), dan preposisi (kasus 6) mempunyai akhiranи: двенадцати учеников, двенадцати ученикам, о двенадцати учениках

53.3 Kombinasi konsonan pada bilangan

1. Bilangan одиннадцать ditulis dengan 2нн- (один + на + дцать <десять>)

2. Pada bilangan, menyatakan jumlah 11 sampai 20, dan jumlah 30, ditulis дц ( dari <дцать> -- десять): щестнадцать, двадцать, тридцать.

1 comment: