Saturday, June 18, 2011

Pengantar Kesenian Rusia - Все́волод Эми́льевич Мейерхо́льд

Vsevolod Emilevich Meyerhold

(Russian: Все́волод Эми́льевич Мейерхо́льд)

Penza, 9 Februari 1874 – Moskow, 2 Februari 1940

Berkebangsaan Rusia

Awal Tahun

V.E. Meyerhold, dianggap sebagai salah satu inovator teater terbesar abad ke-20, lahir pada 9 Februari 1874 di kota Penza, Rusia. Orang tuanya adalah warga negara Prusia, dan ayahnya mengoperasikan bisnis minuman keras yang cukup sukses. Rumahnya semasa kecil telah diawetkan menjadi Museum Teater Penza.

Meyerhold belajar hukum di Universitas Moskow selama dua periode. Selama periode ini, ia melepaskan asuhan Protestan Jerman dan bergabung dengan Gereja Ortodoks Rusia. Dia juga menikah dengan istri pertamanya, Olga Munt, yang mana ia memiliki tiga anak perempuan.


Pada saat itu, Meyerhold sangat tertarik dengan seni teater. Dia pertama kali berpartisipasi dalam pertunjukan teater ketika berada di sekolah tingginya (setara SMA), dan minatnya pun menjadi serius. Dia terdaftar untuk kelas akting di Sekolah Teater Seni Moskow, yang diawasi oleh pendiri teater, Vladimir Nemirovich-Danchenko. Antara 1898 dan 1902, ia bekerja di Teater Seni Moskow di mana dia adalah seorang aktor dalam berbagai produksi, termasuk The Seagull dan The Death of Ivan the Terrible.

Pertumbuhan Karirnya

1902-1907

Karir Meyerhold sebagai sutradara panggung dimulai pada tahun 1902 dan berlangsung selama 37 tahun. Ia menyutradarai lebih dari 290 produksi. Karyanya yang paling awal diidentikan dengan suatu ketertarikan dalam realisme, mirip dengan Stanislavsky di Teater Seni Moskow. Dari 1902 ke 1906, ia mengikuti The New Drama Touring Company, di mana ia juga berkesempatan untuk berakting (misalnya akrobat).


Dalam serangkaian produksi di Studio Teater Seni Moskow tahun 1905, Meyerhold memisahkan diri dari realisme dan menunjukkan pendekatan yang unik dan kreatif dalam menyutradarai untuk pertama kalinya. Beberapa dari eksplorasinya, seperti The Death of Tintagiles oleh Maeterlynck dan Schluck dan Jau oleh Hauptmann terjadi di sebuah lingkungan laboratorium dan tidak terbuka untuk umum.


Meyerhold adalah sutradara Rusia pertama yang mengembangkan gaya simbolis representasi teater. Saat itu ia juga bekerja di Teater Vera Komissarzhevskaya di St. Petersburg pada tahun 1906-1907. Produksinya Sister Beatrice karya Maeterlynck, The Fair Ground Booth karya Blok, Life of a Man karya Andreyev, dan produksi lainnya menandai keberangkatannya dari tradisi teater realistis. Masa kerja Meyerhold ini dianalisis dalam teori kinerja di buku pertamanya, Teater: Sejarah dan Teknik (1907).

1908-1918
Tahap penting berikutnya dari aktivitas kreatif Meyerhold sejak 1908 hingga 1918, telah dikhususkan untuk melembagakan reformasi di teater Imperial besar di St. Petersburg, yaitu Teater Alexandrinsky, dan Opera Mariinsky. Disana sutradara bekerja pada tradisi kinerja klasik sintesis dengan interpretasi modern. Sebagai contoh, teknik teater Moliere yang diintegrasikan ke dalam produksinya sendiri Don Juan, dan unsur-unsur romantisme Rusia dari awal abad ke 19 yang telah dicampur ke dalam The Storm karya Ostrovsky dan Masquerade karya Lermontov.


Secara bersamaan, Meyerhold mengoperasikan studio teater. Ia berniat untuk meningkatkan pelatihan aktor yang ditujukan bagi mereka agar bisa berpartisipasi dalam produksinya. Fokusnya adalah pada pengembangan keterampilan tradisional, gaya teater non-realistis. Sebagai contoh, teknik dari commedia dell'arte dipraktekkan dalam bentuk asli mereka dan kemudian diterapkan pada karya pasca-simbolis seperti karya drama puitis A. Blok, The Fair Ground Booth dan The Beautiful Lady. Selain itu, dengan menggunakan nama samaran Dr. Dapertutto, Meyerhold menciptakan pertunjukan yang dramatis dan pantomim di kabaret artistik kecil seperti House of Interludes.


Menjadi sebuah kolaborasi yang luar biasa ketika Meyerhold mengkombinasikan bakatnya dengan pelukis-pelukis terkenal dari kelompok The World of Art. Di antara mereka yang menciptakan desain mencolok untuk produksinya adalah Alexander Golovin, Leon Bakst, Mstislav Dobuzhinsky, Nikolai Sapunov, dan Sergei Sudeikin.


Kontribusi Meyerhold dalam menyutradarai opera juga terkenal. Dia mengembangkan produksi yang baru dan khas dari karya-karya besar Gluck, Wagner, Mussorgsky, Stravinsky, dan komposer lainnya saat bekerja dengan kinerja terbaik termasuk bass terkenal di dunia Fyodor Shalyapin.


Pencapaian orang yang luar biasa ini tidak berhenti sampai di situ. Pada tahun 1912, Meyerhold berhasil mencapai luar batas Rusia untuk memproduksi La Pisanella karya D'Annunzio di Théâtre Châtelet di Paris. Pada tahun yang sama, ia menulis saluran teoritisnya, The Booth Show. Pada akhir masa remajanya, ia bereksperimen dengan film, menyutradarai The Portrait of Dorian Gray, berdasarkan novel Wilde, dan A Strong Man karya Przybyszewski.


Kaum intelektual masyarakat Rusia menanggapi dengan antusias untuk inovasi teater yang besar dari Meyerhold. Namun, para pejabat Imperial tidak begitu senang. Mereka memberikan tekanan berat untuk reformasi, menuntut kembali Meyerhold ke dalam sebuah gaya konvensional dan realistis untuk teater Kaisar.


Sebagai akibatnya, revolusi Oktober pada tahun 1917 telah memberikan perubahan yang cukup signifikan khususnya bagi Meyerhold dan seniman lainnya. Mereka senang dengan runtuhnya konsep seni borjuis yang konvensional. Mereka melihat bahwa ke depan, mereka dapat memiliki kebebasan untuk terlibat dalam percobaan budaya yang berani dan modern di bawah revolusioner Bolshevik.


Meyerhold bahkan bergabung dengan Partai Sosial Demokrat (kemudian Komunis) pada tahun 1918. Ini merupakan keputusan yang beresiko tinggi, karena ketika itu tidaklah mungkin untuk dapat mengantisipasi arah pasang surut politik yang cepat berubah di Rusia yang akan mengalir itu. Namun, Meyerhold adalah auteur produksi teater profesional pertama pada masa Revolusi, Mystery-Bouffe, berdasarkan produksi Mayakovsky (tahun 1918). Tak lama setelah itu, anti-Bolshevik Tentara Putih menangkap dan memenjarakan Meyerhold. Ketika dipenjara, ia diobati untuk penyakit TBC yang dideritanya.

1919-1930
Setelah dibebaskan oleh Tentara Merah, Meyerhold pindah ke Moskow dan diangkat menjadi Kepala Departemen Teater Narkompros, semacam Departemen Kebudayaan Bolshevik. Dia memegang posisi ini tahun 1920 hingga 1921. Di sana, Meyerhold memulai program teater Rusia yang baru, berdasarkan ide-ide dari sandiwara demokrasi mirip dengan estetika Renaissance. Dalam format ini, dikombinasikan dengan beberapa fitur seniman yang lain, Meyerhold menciptakan produksi untuk perusahaan barunya, yang disebut Teater Pertama RSFSR. Mereka termasuk The Dawn (1920) dan Misteri-Bouffe (versi kedua, 1921). Karya-karya ini tidak didukung oleh para pemimpin Bolshevik, dan dikritik tajam oleh istri Lenin, N. Krupskaya, di koran partai terkemuka, Pravda. Sebagai akibatnya, teater ditutup, dan Meyerhold dipecat dari jabatannya.

Pada tahun 1922, Meyerhold mendirikan perusahaan eksperimentalnya (bernama Teater Vsevolod Meyerhold setahun kemudian). Dia bekerja dengan organisasi ini selama 16 tahun. Sebagian besar aktor dilatih oleh Meyerhold sendiri dan rekan-rekan terdekatnya. Teknik pelatihannya dengan menggunakan teknik Biomekanik yang Meyerhold kembangkan.

Dalam produksinya di awal tahun 20-an, Meyerhold menyajikan pendekatannya untuk Konstruktivisme, atau Produktivism Teater, menampilkan aksi yang abstrak, sangat dinamis, anti-realistis dan non-representasional, bertujuan untuk menciptakan sebuah "realitas independen" di atas panggung. Produksinya mencakup The Magnanimous Cuckold karya Crommelynck (1922) and The Death of Tarelkin karya Sukhovo-Kobylin (1923). Dia juga memproduksi teatrikal besar Renaissance – terinspirasi ketika menggunakan beberapa elemen dari kabaret politik, termasuk The Forest oleh Ostrovsky dan D.E. berdasarkan novel kontemporer (1924). Pada saat yang sama, Meyerhold menciptakan beberapa pertunjukan untuk khalayak yang lebih luas di Teater Revolusi, seperti A Lucrative Post karya Ostrovsky and Lake Lyul karya Faiko. Reaksi Bolshevik untuk karya-karya ini sangat negatif; serangan itu ditujukan karena kurangnya kejelasan realistis dan relevansi politik.

Dimulai pada pertengahan dua puluhan, produksi Meyerhold didasarkan pada estetika yang fantastis tragis. Beberapa dari mereka terlihat di luar Rusia ketika tur ke Jerman dan Perancis pada tahun 1930. Mereka termasuk Bubus the Teacher karya Faiko (1925), The Mandate karya Erdman (1925), and Woe to Wit karya Griboedov (1928). Mungkin yang paling dikenal dari seri ini adalah The Government Inspector karya Gogol (1926). Produksi terakhir adalah salah satu dari filsafat yang paling rumit dan phantasmagorias apokaliptik dalam seni Eropa abad ke-20, mirip dengan lukisan Picasso atau Dali, musik dari Shostakovich atau Britten, atau novel Mann atau Kafka.

Produksi Meyerhold berlanjut. Meskipun produksi Tretyakov, I Want a Child dilarang, pada akhir tahun 1920 Meyerhold berhasil memproduksi dua satir politik yang tajam karya Mayakovsky, The Bedbug (1929) and The Bathhouse (1930). Dia juga berpartisipasi sebagai aktor dalam The White Eagle, sebuah film yang memiliki gaya fantastis yang disutradarai oleh Yakov Protazanov (1928).

Pada tahun 1929, Meyerhold pindah dengan keluarganya, ke rumah terakhirnya di Moskow.

Tahun Terakhir

Dalam sensor ketat sepanjang tahun 1930-an, Meyerhold berusaha untuk menyampaikan semangat tragis produksinya secara tidak langsung dan diam-diam, melalui tersirat dan sindiran atmosfer. Ini yang menjadi karakteristik dari A List of Assets karya Olesha, Prelude karya Germann, Krechinsky's Wedding karya Sukhovo-Kobylin, and Lady of the Camellias karya Dumas (fils), serta opera Queen of Spades karya Tchaikovsky yang diproduksi di Teater Opera Maly di St. Petersburg.

Meskipun pada masa suram, Meyerhold mengembangkan sebuah proyek yang sangat ambisius - desain untuk sebuah bangunan baru untuk teaternya. Dia ingin mewujudkan cita-citanya untuk menghasilkan teknis yang besar, aksi teater bertingkat dalam ruang tiga-dimensi, dengan semangat dan energi dari sebuah pasar. Konstruksi dimulai, namun bangunan itu tidak pernah selesai.

Kedudukan Meyerhold pada rezim Stalin semakin berbahaya. Produksi terakhirnya yang baru, yang para pejabat sensor perbolehkan untuk dijalankan adalah 33 Fainting Fits karya Chekhov (1935). Direktur visioner dituduh menjadi seorang formalis anti-Soviet dan tidak mampu membuat kinerja politik yang akurat untuk kaum proletar Sovyet.

Pada tahun 1939, Meyerhold ditangkap dan dituduh melakukan kegiatan politik anti-pemerintah. Ia dieksekusi di Moskow pada tanggal 2 Februari 1940.

Diakses dari http://www.meyerhold.org/ tanggal 2 Desember 2010 pukul 19.02

No comments:

Post a Comment