Saturday, June 18, 2011

morfologi rusia

MORFOLOGI


Gramatika membagi bahasa ke dalam beberapa bentuk kata, jenis kata, dan tipe kalimat. Gramatika terdiri dari 2 bagian yakni morfologi dan sintaksis.

Morfologi gramatika mengajarkan tentang struktur kata, bentuk kata, makna gramatika, cara pengucapan dan penggunannya.

Sintaksis merupakan bagian dari gramatika yang mempelajari aturan dalam membuat suatu kalimat. Sintaksis juga mempelajari fungsi perbedaan cara bertutur makna leksikal.

1. Arti, bentuk, dan kategori gramatika

Kata-kata dapat dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda

a. Makna leksikal (makna sebenarnya). Kata лицо memiliki arti ‘bagian dari kepala manusia’. Namun selain makna leksikal, juga terdapat makna kiasan yang muncul karena adanya kemiripan antara objek yang satu dan lainnya. Лицо sebagai kiasan bermakna orang.

b. Menganalisis bunyi susunan kata. Misalnya лицо yang terdiri dari 4 bunyi [лицо]

c. Mengetahui cirri gramatika. Contohnya kata лицо memiliki cirri gramatika berjenis netral, tunggal, dan merupakan kasus nominative.

Bentuk gramatika kata merupakan variasi dari kata yang sama tetapi memiliki perbedaan makna gramatikal disesuaikan dengan posisinya dalam suatu kalimat. Contohnya лицо dapat menjadi лиц-ом, -у, -а.

Kategori gramatika untuk kata benda meliputi gender, jumlah , dan kasus. Sedangkan untuk kata kerja meliputi kala (waktu).

2. Morfologi struktur kata

Morfem adalah bentuk terkecil dari suatu bahasa yang masih memiliki arti dan tidak dapat dibagi lagi. Contohnya kata грузчик dibagi menjadi dua morfem yakni груз- dan чик. Morfem груз- disebut akar kata (корнем) yang merupakan bagian penting dalam menyimpulkan makna leksikal pada kata tersebut.

Суффиксом (sufiks-akhiran) – morfem yang berada setelah akar kata. Pada kata грузчик, –чик adalah sufiks. Contoh lain penggunaan sufiks adalah pada kata читал. Sufiks –л menunjukkan verba dalam bentuk lampau. Selain itu juga terdapat sufiks untuk kata sifat dan adverbia (contoh: умн-ее)

Приставкой (prefiks-awalan) – morfem yang berada sebelum akar kata. Contohnya pada kata перегруска. Пере- adalah sebuah prefiks. Biasanya prefiks membentuk kata-kata baru. Pengecualian pada beberapa prefiks verba yang membentuk verba perfektif (contoh: писать-написать)

Окончание– morfem yang fungsinya adalah mengubah akhiran dari suatu kata sesuai dengan kategori gramatikalnya (падеж). Contohnya kata грузчик ( Р. грузчика, Д. грузчику, Т. грузчиком, П. о грузчике)

Основа (kata dasar) – contohnya pada kata читал, kata dasarnya adalah чита (setelah melepaskan akhiran –ть).

Kata dasar terdiri dari 2 jenis, yaitu asli dan turunan.

a. Непроизводная основаsama dengan akar kata. Tidak dapat dipisahkan lagi ke dalam bentuk-bentuk morfem. Contohnya pada kata перегрузк. -груз- adalah akar katanya.

b. Производящая – suatu kata yang setelah dibuang sufiks dan prefiksnya masih dapat dipisahkan lagi hingga menjadi kata dasar asli. Contoh: (уч|и|тель|ница) à (учитель )à (учи) ть à(уч) у. (холод|н)ый à (холод)

3. Kelas kata bahasa Rusia modern

a. существительное (Kata benda : студент)

b. прилагательное (Kata sifat: умный)

c. числительное (Angka: два)

d. местоимение (Pronomina: я)

e. глагол (Kata kerja: учить)

f. наречие (Kata keterangan: вчера)

g. безлично-предикативные слова (категория состаяния) (холодно)

h. предлог (Preposisi: в)

i. союз (Konjungsi: и)

j. частица (Partikel : не)


Kelas kata ada yang dapat berdiri sendiri dan ada pula sebagai kata bantu.

Untuk membagi kelas kata dapat dibagi menjadi objek, jenis objek, banyaknya objek, kegiatan, keadaan, perasaan, atau menunjukkan kepada orang, benda, perasaan, jenis, dan jumlah. Contoh: выразительным(kata sifat), языком(kata benda), фотографии(kata benda), выставка(kata benda), рассказывает(kata benda), героическом(kata sifat), труде(kata benda), советских(kata sifat), любей (kata benda).

Kelas kata yang dapat berdiri sendiri merupakan bagian dari kalimat. Bisa berupa subjek, predikat, objek, keterangan. Contohnya kalimat Советский народ успешно строит коммунистическое общество. Kata benda народ-subjek, verba строит-predikat, kata sifat Советский dan коммунистическое-objek, успешно-keterangan, kata benda общество-pelengkap.

Kelas kata bantu terbagi atas preposisi(предлог), konjungsi(союз), dan partikel(частица). Kelas kata bantu ini digunakan untuk menghubungkan kata-kata dalam kalimat (preposisi dan konjungsi. Contoh: на,в,и,с) serta untuk menggambarkan emosi atau suasana dari makna suatu kalimat (partikel. Contoh: даже). Kelas kata bantu tidak dapat berdiri sendiri menjadi suatu kalimat.

Модальные слова (modal) – kelas kata khusus untuk mengekspresikan pendapat. Mengacu pada seluruh kalimat. Contoh: он, конечно, придет на собрание.

Междометия (kata seru) juga merupakan kelas kata khusus karena mereka dapat digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan memberi motivasi. Contohnya О! Как тут красиво! О! dipakai untuk mengungkapkan kekaguman.

No comments:

Post a Comment