Friday, June 17, 2011

morfologi rusia - kelas kata

46. Klasifikasi Kelas Kata

(halaman 174-175)


Semua kelas kata dalam bahasa Rusia modern tergantung dari makna gramatikanya, karakter atau tanda-tanda morfologinya dan fungsi sintaksisnya, yang dibagi ke dalam kategori gramatika yang disebut kelas kata.

Dalam bahasa Rusia Modern, kelas kata dibagi menjadi kelas kata mandiri (kelas kata yang dapat berdiri sendiri) dan kelas kata bantu. Selain itu juga terdapat kelompok kata seru.

Kelas kata mandiri (kelas kata yang dapat berdiri sendiri) terdiri dari kata-kata yang berupa benda-benda, tanda-tanda, sifat atau ciri, jumlah, keadaan atau kondisi, tindakan atau aksi, atau menunjukkan semuanya, pada induk kalimat atau anak kalimat. Dalam kelas kata mandiri dapat dibedakan menjadi:

1. Nomina kata benda (счастье, человек)

2. Adjektif kata sifat (умные, дневной)

3. Nominal kata bilangan (десять)

4. Pronomina kata ganti orang (вы, наш)

5. Verba kata kerja (приехать)

6. Adverbia kata keterangan (mis: waktu) (здесь, наверху)

Kelas kata bantu merupakan kata yang memiliki peran dalam sebuah kalimat. Akan tetapi apabila di luar kalimat, kata tersebut tidak memiliki peran. Kata ini juga tidak mengalami perubahan. Dalam kelas kata bantu dapat dibedakan menjadi:

1. Preposisi (с, от, до)

2. Konjungsi (потому что, и, но)

3. Partikel (не, вот, только)

Kata seru dibedakan dari kelas kata bantu, dan dari kelas kata mandiri, biasanya dipakai untuk menyatakan perasaan dan ekspresi. Kata seru tidak mengalami perubahan, dan tidak merupakan bagian dari kalimat. Contohnya ах, ура, брысь.

No comments:

Post a Comment