Eisenstein
Sergei Mikhaylovich Eisenstein, merupakan salah satu pembuat film yang terkenal di dunia pada paruh awal abad ke-20. Eisenstein lahir di Riga, Latvia pada 23 Januari 1898. Ayahnya bekerja di tempat pembuatan kapal sebagai arsitek dan insinyur sampai tahun 1910, dan keluarganya pindah ke St. Petersburg. Mengikut jejak ayahnya, Eisenstein masuk the Institute of Civil Engineering di St. Petersburg pada 1915. Saat Revolusi Rusia 1917, Eisenstein bergabung dalam kelompok revolusionaris, dengan memanfaatkan kemampuan teknisnya untuk membantu mengatur dan membangun pertahanan. Dia juga membantu menghias kereta propaganda dan membuat sandiwara dadakan untuk teman-teman revolusinya. Menyadari militer bukanlah tempat yang cocok dengannya, pada 1920, Einsenstein masuk Teater Proletkult (ploretarian culture), pusat teater untuk pekerja, salah satu institusi seni eksperimental yang didukung oleh pemerintahan Komunis untuk mendidik dan mendoktrin masyarakat Rusia pada peristiwa dan penyebab revolusi. Setelah menjadi set desainer di Proletkult, Einsenstein masuk ke sekolah untuk pengarah panggung dibawah arahan Vsevolod Mayerhold. Mayerhold menganjurkan metode radikal dimana dalam ber-acting dan pementasan tidak hanya dibutuhkan acting naturalistic, gerakan dan gaya berbicara akan lebih menyampaikan emosi kepada penonton. Di bawah bimbingan Meyerhold, Eisenstein mengembangkan apa yang dia disebut “montage of attartions” (montaki atraksi) yaitu sebuah teori yang kuat tentang pementasan yang membahas kemungkinan menghubungkan rangkaian gambar yang telah dipilih yang disajiakn tidak dalam urutan kronologis untuk menciptakan emosi penonton yang maksimal. Dengan demikian, para pembuat film harus bertujuan membangun ide yang ingin mereka sampaikan didalam pikiran penonton, dengan menempatkan penonton kedalam sebuah emosi psikologis. Eisenstein berteori bahwa bioskop merupakan pertemuan dari penggabungan seni dan ilmu pengetahun. Prinsip ini yang memandu Eisenstein dalam karirnya, dan memiliki dampak yang besar bagi pembuat film masa kini, untuk kontras dengan gaya Amerika “narrative montage” (montaki-narasi).
Film pertama Eisenstein, Stachka (Strike) diproduksi tahun1924, menceritakan represi pemogokan tentara tsar. Einstein mensandingkan gambar pekerja yang sedang disiksa dengan gambar sapi yang sedang dijagal.
Pada tahun 1925, dalam rangka memperingati Revolusi tahun 1905, Partai Komunis menugaskan pembuatan film terkenal “Potemkin” yang juga dikenal “Perang Potenkim”. Film ini dibuat di Pelabuhan Laut Hitam Odessa. Pada tahun 1958 film ini terpilih sebagai film terbaik yang pernah dibuat, oleh sebuah jajak pendapat kritikus internasional.
Film Eisenstein yang berikutnya adalah film berdurasi dua jam, “October” atau “Ten Days That Shook the World” , menceritakan tentang pergesaran kekuasaan antara Februari 1917 dan Revolusi Oktober. Lenin masuk dalam cerita dan perjuangan kaum Bolsevik dan yang menentang mereka.
Film-film Eisenstein berangkat dari praktek film komersial dalam beberapa jalan: pertama, film-filmnya didaktik, didalam filmnya Eisenstein tidak hanya menghibur, juga mengajarkan pelajaran. Contohnya dalam film Strike dan Potemkin, menggambarkan situasi histories yang mendramatsir penindasan pekerja oleh kelas yang berkuasa di bawah Tsar. Kedua, tokoh-tokohnya merepresentasikan kelas social yang berbeda. Ketiga, Eisenstein menggunakan editing, untuk menciptakan emosi penonton.
Sumber:
http://afronord.tripod.com/eisen.html
http://www.russianarchives.com/gallery/old/eisen.html
http://www.imdb.com/name/nm0001178/bio
No comments:
Post a Comment