Saturday, June 18, 2011

Pengantar Kesenian Rusia - Peranan Karya-karya Tchaikovsky

BAB I

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Tchaikovsky merupakan komposer pada era klasik musik Rusia. Dia terkenal dengan baletnya. Meski latar belakang orang tuanya bukan di bidang musik, tetapi bakatnya yang luar biasa mengantarnya menjadi komposer yang hebat, bahkan terkenal sampai ke luar negeri sampai sekarang.

Hasil karyanya yang paling terkenal sampai sekarang sehubungan dengan peran Tchaikovsky dalam musik klasik adalah Swan Lake, Sleeping Beauty, dan opera berjudul Eugene Onegin.

1.2 Rumusan Masalah

Dalam penulisan makalah ini, kami akan membahas lebih dalam tentang karya-karya Tchaikovsky dalam peranannya di musik klasik Rusia.

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah ini adalah mendeskripsikan karya-karya Tchaikovsky dalam peranannya di musik klasik Rusia.

1.4 Hipotesis

Kami beranggapan bahwa karya-karya Tchaikovsky memiliki peranan bagi perkembangan musik klasik Rusia. Musik Rusia bukan hanya berisi tentang nasionalisme, tetapi juga bisa berupa romantisme. Hal inilah yang membuat Tchaikovsky dilirik bangsa barat.

1.5 Metode Penulisan

Metode penulisan yang akan kami gunakan ialah metode deskriptif. ”Metode deskriptif adalah metode pemecahan masalah dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya .”(Nawawi, 1985:61).

BAB II

MUSIK DAN PARA KOMPOSER DI RUSIA

II.1 Musik di Rusia

Musik di Rusia merupakan musik yang dibuat di Rusia dan atau dibuat oleh orang Rusia. Rusia merupakan negara yang besar dan negara yang berbeda-beda budaya. Musik Rusia juga termasuk kontribusi dari musik etnik minoritas (seperti Yahudi, Ukraina, Gipsi, dan lain-lain) yang merupakan populasi kekaisaran Rusia, Uni Soviet, dan Rusia sekarang. Di dalam musik Rusia terdapat bermacam-macam gaya: lagu yang berasal dari ritual, musik gereja Ortodoks, dan juga termasuk beberapa dari komposer musik klasik dan romantik abad ke-19. Kontribusi dari komposer Soviet abad ke-20 juga termasuk bagian dari musik Rusia.

Abad ke-18 dan ke-19: Musik Klasik Rusia

Rusia memiliki sejarah inovasi musik klasik. Pada abad ke-18, Peter I memperkenalkan gaya musik barat (western music) ke Rusia. Selama rezim berikutnya, yakni Kaisar Elisabeth dan Katerina, di kekaisaran Rusia mulai banyak terdapat musisi terkemuka, banyak yang berasal dari Italia. Musisi yang berasal dari Italia ini membawa tradisi opera di Italia dan musik klasik yang yang umumnya menginspirasikan komposer Rusia generasi berikutnya. Beberapa komposer Rusia menerima pelatihan di Italia atau pelatihan dari emigran Italia dan menciptakan karya suara dan instrumental di tradisi klasikal Italia pada saat itu. Beberapa komposernya, yakni Dmitri Bortniansky, Maksim Berezovsky, dan Artem Vedel yang tidak hanya menciptakan masterpiece musik paduan suara tetapi juga termasuk opera, karya chamber dan simfoni.

Komposer besar Rusia pertama yang dengan luar biasa menggubah musik tradisi Rusia menjadi musik sekuler adalah Mikhail Glinka (1804-1857), yang menciptakan opera berbahasa Rusia berjudul “Ivan Susanin” dan “Ruslan and Lyudmila”.

Musik rakyat Rusia menjadi sumber utama bagi komposer-komposer generasi penerusnya. Grup yang disebut “Mighty Five”, yang terdiri atas Rimsky-Korsakov, Mussorgsky, Balakirev, Borodin, dan César Cui, menciptakan dan mempopulerkan tradisi nasional Rusia dalam musik klasik. Di antara karya-karya dari “Mighty Five” paling banyak dikenal dalam bentuk opera, yakni The Snow Maiden (Snegurochka), Sadko, Boris Godunov, Prince Igor, Khovanshchina, dan symphonic suite Scheherazade. Sebagian besar karya Glinka dan “Mighty Five” berdasarkan pada cerita Rusia, dongeng dan fiksi fantasi, dan mereka disebut sebagai masterpieces of romantic nationalism dalam musik.

Pada periode ini juga terdapat pendirian Russian Musical Society pada tahun 1859, dipimpin oleh komposer Anton dan Nikolay Rubinstein. Mighty Five menyebut diri mereka adalah rival dari Russian Music Society, yang mana lima orang tersebut menyebutkan mereka mencakup identitas nasional Rusia sedangkan Russia Music Society secara musikalitas lebih konservatif.

Komposer hebat Rusia lainnya adalah Peter Ilyich Tchaikovsky, yang paling dikenal dengan balet, misalnya “Swan Lake”, Sleeping Beauty, dan The Nutcracker. Dia merupakan komposer Rusia yang terkenal di seluruh dunia. Sumbangsihnya sangat besar bagi Rusia yang akan kami bahas di bab selanjutnya.

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 terdapat gelombang ketiga musik klasik Rusia, tokoh-tokohnya adalah Igor Stravinsky, Alexander Scriabin, Sergei Prokofiev, Sergey Rakhmaninov, dan Dmitri Shostakovich. Mereka berpengalaman dalam gaya dan bahasa musikal. Beberapa dari mereka beremigrasi setelah revolusi Rusia. Prokofiev kemudian kembali dan berkontribusi pada musik Soviet.

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, romance song (lagu romantis) menjadi sangat terkenal. Penyanyi romance yang sangat hebat dan sangat populer biasanya bernyanyi juga di opera pada waktu yang bersamaan. Yang paling populer adalah Fyodor Shalyapin. Para penyanyi biasanya menciptakan musik dan menulis lirik, seperti yang dilakukan oleh Alexander Vertinsky, Konstantin Sokolsky, Pyotr Leshchenko.

II.2 Perkenalan Komposer Rusia

Berikut ini kami jelaskan beberapa komposer yang ada di Rusia, baik sebelum dan setelah era Tchaikovsky.

II.2.1 Mikhail Ivanovich Glinka (1804 - 1857)

Rusia mempunyai sejarah inovasi musik klasik yang panjang. Komposer terpenting adalah Mikhail Glinka (1804-1857), yang menambahkan elemen-elemen religius dan musik rakyat ke dalam komposisi klasik, membuat terobosan baru dengan membuat opera seperti A Life for the Tsar dan Ruslan and Lyudmila; walaupun opera ini khas Rusia, tetapi sebenarnya berasal dari tradisi Italia. Glinka dan para komposer sesudahnya membuat sebuah komunitas The Mighty Handful (Rimsky-Korsakov, Mussorgsky, Balakirev, Borodin dan César Cui) yang sangat dipengaruhi oleh musik dan cerita rakyat Rusia. Pada periode yang sama, dibentuk Komunitas Musik Rusia pada tahun 1859 yang dipimpin oleh para komposer Anton dan Nikolay Rubinstein. The Mighty Handful membuat identitas nasional Rusia bersinar, sedangkan Komunitas Musik Rusia lebih konservatif. Kedua kelompok ini saling bersaing. Komposisi karya the Mighty Handful yang paling berhasil adalah opera The Snow Maiden (Snegurochka), Sadko, Boris Godunov, Prince Igor dan Khovanshchina, dan sebuah simphoni Scheherazade.

Glinka umumnya dianggap sebagai pendiri nasionalisme Rusia di bidang musik. Pengaruhnya pada Balakirev, yang ditunjuk sebagai pemimpin dari kelompok lima komposer nasionalis, sangat besar. Ia telah mendapat pelajaran dari John Irlandia pianis Lapangan, tetapi hubungannya dengan musik masih amatir, sampai kunjungan ke Italia dan di 1833 ke Berlin diperbolehkan belajar terkonsentrasi dan selanjutnya tingkat yang lebih besar dari jaminan dalam komposisi, yang memenangkan perhatian serius baik di dalam maupun luar negeri. Opera Rusianya menawarkan sintesis bentuk opera Barat dengan melodi Rusia, sementara musik orkestra, dengan instrumentasi terampil, yang ditawarkan kombinasi dari tradisional dan eksotis. Glinka meninggal Berlin pada tahun 1857.

Opera

Opera pertama Rusia Glinka, A Life for Tsar, itu diterima dengan baik pada pementasan pertama pada tahun 1836. Opera kedua penuhnya, Ruslan dan Lyudmila, dengan nyanyian oleh Pushkin, kurang diterima pada pementasan pertamanya di St Petersburg pada tahun 1842.

Musik Orkestra

Bepergian ke luar negeri terinspirasi suasana Spanyol dari Aragonesa Jota, sebuah brillante Capriccio juga dikenal. Yang kedua dari seri ini berkembang dari Recuerdos de Castilla, menjadi Souvenir d'une nuit d'Ete à Madrid (Memory dari Summer Kamarinskaya, ditulis di Warsawa, menggunakan bahan Slavia tematik.

Bapak Musik Nasionalis Rusia dan Bertema Opera-Rakyat

Singkat biografi Mikhail Glinka - hidup dan bekerja. Terkenal untuk Rusia bertema opera- rakyat, Ruslan dan Lyudmila. Master musik simfonik Rusia.

Komposer Rusia Mikhail Glinka (1804-1857) dikenal sebagai bapak musik nasionalis Rusia. Dia memelopori budidaya musik rakyat Rusia di opera, musik instrumental dan genre lagu. Dia diberikan pengaruh yang mendalam pada Balakirev, Rimsky-Korsakov, Mussorgsky, Borodin, Cui dan Tchaiovsky, serta pada Prokofiev dan Stravinsky.

Glinka lahir pada 1 Juni 1894 di Novospasskoye. Keluarganya adalah sebuah keluarga pemilik tanah kaya dan selalu aman secara finansial, meskipun kesehatannya tidak. Ia dikirim ke sekolah di St Petersburg. Hanya berusia 24, ia diangkat menjadi wakil menteri dalam komunikasi Council di St Petersburg.

II.2.2 Alexander Borodin (1833)

Porfiryevich Alexander Borodin (Александр Порфирьевич Бородин) lahir pada 12 November 1833. Dia adalah anak ilegal dari seorang bangsawan dan petani. Koneksi aristrokatnya mengizinkan dia mendapatkan pendidikan yang lebih baik dibandingkan dengan pelayan lainnya. Ayahnya meninggal pada tahun 1843. Dia belajar piano dan cello pada saat remaja. Selain itu, dia juga belajar tentang kimia karena dia ingin membuat kembang api. Borodin memulai sebagai mahasiswa kedokteran. Saat lulus, ia menjadi seorang ahli bedah tentara. Saat di sana, dia bertemu dengan seorang perwira muda bernama Mussorgsky. Dalam hal apapun, Borodin telah begitu membedakan dirinya, ia dikirim ke Heidelberg untuk studi lebih lanjut, di mana ia beretmu dengan Mendeleyev, penemu tabel periodik. Dia juga menghabiskan waktu melakukan penelitian di Italia. Pada 1863, dia menikah. Output musik Borodin, walaupun brilian, dibatasi oleh tuntutan pekerjaan dan keluarganya sepanjang hidupnya.

Pada 1862, ia bertemu Mily Balakirev dan menjadi bagian dari apa yang disebut "Mighty Five" atau "Mighty handful," sebuah kelompok komponis yang bertujuan untuk menulis musik "Rusia”. Balakirev memiliki banyak kelemahan sebagai manusia, tetapi dia adalah seorang pendorong yang berambisi artistik. Di bawah dorongan Balakirev dan antusiasmenya, Borodin memulai simfoni pertamanya. Kemenangan Borodin dengan simfoni pertamanya memacu dia untuk memulai yang kedua, juga pada tahun 1869. Dia juga terlibat dengan sebuah proyek opera yang berjudul Pangeran Igor. Dia meninggalkan opera pada tahun 1870, karena dia pikir bakatnya terletak pada lirik bukan drama dan kembali ke simfoni. Kegiatannya dalam kimia dan dalam mengajar mencapai puncak selama ini juga (dia menerbitkan lebih dari empat puluh artikel asli), dan dia terlibat dalam kontroversi di atas prioritas dalam penelitiannya dengan seorang kimiawan Jerman. Meskipun ia berhasil mempertahankan klaim dan integritas, ia menjadi frustasi karena kurangnya pendanaan di Rusia untuk penelitian kimia dan meninggalkan pekerjaan aslinya. Sejak saat itu, kegiatan kimianya terdiri dari mengawasi pekerjaan murid-muridnya. Meskipun dia melakukan tugasnya dengan setia dan baik, dia cukup banyak kehilangan semangat untuk kimia. Ia menemukan lebih banyak waktu untuk musik dan untuk komposisi. Dari masa itu datang epik Symphony Kedua (1869-1876), dua string kuartet (1874-1879 dan 1881), dan Di Padang Asia Tengah (1880). Pada 1870-an, terutama disebabkan oleh upaya Franz Liszt, karya-karyanya mulai membuat terobosan di gedung konser di Barat. Tahun 1880-an, bagaimanapun, kesehatan istrinya menurun dan permintaan yang meningkat untuk mengajar, yang semuanya perlahan-lahan membuat dia menurun sekali lagi. Dia tidak menyelesaikan pekerjaannya setelah 1881. Dia meninggal karena gagal jantung kongestif. Pangeran Igor dan Symphony Ketiga masih belum selesai pada saat kematiannya. Nicolai Rimsky-Korsakoff dan Alexander Glazunov menyelesaikan operanya, dan Glazunov mengedit simfoni dari bahan peninggalan Borodin.

II.2.3 Alexander Nikolayevich Scriabin (1872-1915)

Alexander Nikolayevich Scriabin lahir pada 6 Januari 1872 di Moskow, Rusia dan meninggal pada 27 April 1915. Ia merupakan seorang komposer Rusia dan pianis. Bakat musiknya sudah terlihat sejak dini. Ia belajar piano dan, pada usia 14, mengambil teori dan instruksi komposisi dari Alexander Taneyev. Scriabin memasuki Konservatorium Moskow pada tahun 1888, guru piano pertamanya adalah Nikolai Zyerev yang juga mengajar Sergei Rachmaninoff pada waktu yang sama, dan dua komposer mengembangkan persahabatan seumur hidup. Scriabin lulus dengan Medali Emas pada tahun 1892. pemenuhannya sebagai seorang pianis melebihi nilai awal, komposisi Chopin seperti untuk piano, dan itu sebagai pemain yang ia mulai muncul di luar negeri. Kecuali untuk jangka waktu 6 tahun (1897-1903) sebagai guru piano di Konservatorium Moskow, ia menghabiskan sebagian besar tahun matang di Barat, tahun di mana semangatnya untuk hidup membawanya hampir sama banyak perhatian sebagai seninya.

Karirnya dimulai sebagai pianis konser, dengan dorongan dari Belyayev, yang telah menerbitkan komposisi sebelumnya. Minatnya dalam filsafat dan teori-teori teosofi dari Madame Blavatsky kemudian mempengaruhi komposisi, khususnya karya-karya orkestra dalam skala yang lebih besar sebagai dasar untuk orkestra Poem of Ecstasy (1908) dan Prometheus (1910), yang terakhir disebut untuk proyeksi warna ke layar selama pertunjukan. Tidak hanya dalam hal musik saja, ia membuat sketsa untuk sebuah ritual opera besar, Mysterium, yang tidak pernah tersusun.

Karya musik piano Scriabin yang paling awal sudah ditulis sejak ia menjadi mahasiswa di Konservatorium Moskow, yang kemudian mengarah pada penyelesaian serangkaian karya yang terdiri atas 5 sonata yang telah dimulai sejak tahun 1911. Tujuh sonata yang tersisa mencakup dari tahun 1886 sampai 1907. Musiknya awalnya kebanyakan untuk piano dengan musik yang pendek (nocturnes, mazurkas, Etudes, dan Prelude) tetapi juga mencakup dua simfoni dan konserto piano.

Setelah 1900 ia lebih sibuk dengan filsafat mistik dan mulai menggunakan harmoni yang tidak biasa, menghasilkan Symphony Ketiga (Divine Poem, 1905), Symphony Keempat (Poem of Ecstasy, 1907), dan Simfoni Kelima (Poem of Fire atau Prometheus, 1910).

Scriabin adalah komposer pertama di dunia yang menulis notasi musik untuk cahaya dan warna sehingga membuat warna terjalin dengan suara dalam harmoni lintas-indera. Dalam 'Prometheus: yang Poem Api' puisi simfoninya (1909) ia menulis garis dengan notasi untuk 'Luxe', sebuah multicolor dirancang khusus dengan proyektor cahaya lampu berwarna yang dikendalikan oleh Scriabin. Dirinya bermain pada keyboard warna. Keyboard multi-warna pertama kali dibangun di Rusia oleh fisikawan Alexander Moser pada tahun 1910 untuk kinerja 'Prometheus'. Pertunjukan di Moskow dan di New York adalah konser orkestra pertama dengan iringan warna yang diproyeksikan pada sebuah layar khusus. Scriabin juga bereksperimen dengan gaya seperti musik impresionisme dan ekspresionisme. Ciptaan harmonik dan melodinya dimanifestasikan dalam karya pianonya dan terutama dalam komposisi orkestranya. Chord The 'Prometheus' 'adalah awal dalam pencarian Scriabin untuk nada baru untuk harmonik berekspresi.

Scriabin berdiri agak selain dari arus utama perkembangan musik dan tampaknya tidak termasuk dalam klasifikasi baik dalam hal Rusia atau Barat. Kontribusi terbaik dapat dilihat dalam potongan kecil pianonya. Dia menulis musik kamar, tidak ada opera, dan musik vokal sangat sedikit, sehingga pengaruhnya terbatas secara unik. Kecanggihan inovatif dan mistisisme karya kemudian hari tidak dihargai oleh para ideolog Uni Soviet muda, dan ini juga merupakan faktor pembatas. Seperti banyak dari generasinya, ia bergerak masuk dan keluar dari mode. Tapi warisannya, meskipun terbatas, adalah nilai abadi.

II.2.4 Rachmaninoff (1873-1943)

Rachmaninoff lahir pada tahun 1873 di Semyonovo. Sergei belajar di Saint Petersburg Konservatorium sebelum pindah ke moskwa, di sana dia belajar piano di bawah bimbingan Nikolai zverev dan alexandr Siloti.

Pada tahun-tahun awal, dia menunjukkan kemampuan besar dalam komposisi. Saat mahasiswa, ia menulis opera satu babak, Aleko, di mana dia dianugerahi medali emas dalam komposisi, First Piano Concerto, dan satu set karya piano, Morceaux de fantaisie (Op. 3, 1892), yang di dalamnya termasuk Prelude in C sharp minor.

Di moskow dia bertemu dengan Pyotr Ilyich Tchaikovsky yang menjadi mentor penting dan menugaskan Rachmaninoff remaja untuk mengatur transkripsi piano suite dari balet, The Sleeping Beauty.

Kematian mendadak Tchaikovsky pada 1893 membuat kesan yang kuat pada Rachmaninoff, ia segera mulai menulis sebuah Trio élégiaque kedua, jelas mengungkapkan kedalaman dan ketulusan.

Karyanya First Symphony (op. 13, 1896) ditampilkan pertama kali pada tanggal 27 Maret 1897, tetapi diserupakan oleh komposer nasionalis dan kritikus César Cui sebagai sepuluh malapetaka Mesir, menyatakan bahwa itu akan dikagumi oleh "narapidana" dari sebuah konservatori musik di neraka.

Setelah tanggapan mengerikan ke Symphony Pertama datang masa depresi berat yang berlangsung tiga tahun, di mana ia tidak menulis musik. Nasib baik datang dari Savva Mamontov, seorang industrialis Rusia terkenal dan pelindung seni, yang dua tahun sebelumnya telah mendirikan First Symphony. Dia menawarkan Rachmaninoff jabatan asisten konduktor. Dia juga bertemu dengan bassis Feodor Chaliapin melalui perusahaan opera Mamontov yang akan menjadi sebuah persahabatan panjang dan dalam.

Setelah penampilan sukses sebagai konduktor, Rachmaninoff ditawari pekerjaan sebagai konduktor di Bolshoi Teater pada 1904, meskipun alasan politik menyebabkan pengunduran dirinya pada bulan Maret 1906, setelah itu ia tinggal di Italia hingga Juli. Ia menghabiskan tiga musim berikut di Dresden, Jerman.

Rachmaninoff membuat tur pertamanya di Amerika Serikat sebagai pianis pada tahun 1909, suatu peristiwa yang membuat ia menyusun Piano Concerto No 3 (op. 30, 1909). Tur ini sukses membuatnya menjadi tokoh populer di Amerika. Listen

Read phonetically

Rachmaninoff jatuh sakit selama tur konser pada akhir tahun 1942 dan kemudian didiagnosis menderita melanoma. Pada tanggal 1 Februari 1943 ia dan istrinya menjadi warga negara Amerika. Rachmaninoff meninggal karena melanoma pada tanggal 28 Maret 1943, di Beverly Hills, California, hanya empat hari sebelum ulang tahunnya yang ke-70.

Jenis musik Rachmaninoff banyak dipengaruhi oleh Tchaikovsky. Rachmaninoff dianggap sebagai salah satu pianis yang paling bepengaruh pada abad ke-20. Ia mempunyai kemampuan teknis dan dorongan ritmis yang legendaris. Tangannya yang besar mampu mencakup interval ke-13 di tuts-tuts piano (jangkauan tangannya lebih kurang 12 inci atau 30,5 cm. Rentangan tangannya kira-kira sepadan dengan tinggi badannya, yaitu 1,98 meter. Ia juga mampu memainkan komposisi-komposisi yang rumit setelah mendengarnya sekali. Banyak rekaman pertunjukan Rachmaninoff sendiri yang dibuat dengan label rekaman Victor Talking Machine Company, serta karya-karya dari repertoar yang standar.

II.2.5 Sergei Sergeyevich Prokofiev (1891-1953)

Lahir pada tanggal 23 April 1891 di Sontsovka, Ukraina mantan Kekaisaran Rusia, Sergei Sergeyevich Prokofiev dianggap salah satu komposer terbesar abad kedua puluh. Dia juga seorang pianis dan konduktor. Dia menghadiri St Petersburg Conservatory 1904-1914, memenangkan hadiah pianis Anton Rubinstein untuk mahasiswa terbaik ketika ia lulus. Seperti komponis besar lain ia menguasai berbagai genre musik, termasuk simfoni, konser, musik film, opera, balet, dan potongan program. Pada saat itu, karya-karyanya dianggap ultra-modern dan inovatif. Ia melakukan perjalanan secara luas, menghabiskan bertahun-tahun di Paris dan Ettal di Alpen Bavaria, dan mengunjungi Amerika Serikat lima kali. Ia mendapatkan ketenaran yang luas dan musiknya baik dicerca dan menang oleh pers musik Times. Ia kembali ke tanah airnya dan menetap di sana pada tahun 1936. Ia meninggal pada 05 Maret 1953 di Moskow.

II.2.6 Khacaturian Ilyich Aram (1903-1978)

Khacaturian Ilyich Aram lahir pada tanggal 6 Juni 1903 di Tiflis, Georgia. Ia seorang komposer Soviet – Armenia. Karya-karyanya dipengaruhi musik rakyat Armenia. Tahun 1920 ketika Armenia masuk sebagai Republik Soviet, Khacaturian bergabung dengan tur propaganda Armenia, yang banyak didalamnya terdapat seniman Armenia Georgia. Tahun 1925 Khacaturian diterima di Institut Genesin, sekolah musik. Walaupun ia tidak pernah belajar bermain musik tetapi ia menunjukkan bakatnya. Disana ia belajar alat musik cello di bawah bimbingan Sergey Bychkov, dan Andrey Borysyak. Lalu Khacaturian bergabung di kelas komposisi. Pada 1929, ia dipindahkan ke Konservatorium Moskow di bawah bimbingan Nikolai Myaskovsky (komposisi) dan Sergei Vasilenko (orkestrasi), lulus pada tahun 1934. Pada 1930, ia menikah dengan komposer Nina Makarova, sesama mahasiswa di kelas Myaskovsky. Pada 1951, ia menjadi profesor di Negara Gnessin Musik dan Pedagogical Institute (Moskow) dan Konservatorium Moskow. Dia juga menduduki jabatan penting sebagai Penggubah Serikat, menjadi wakil ketua cabang Moskow pada tahun 1937, kemudian ditunjuk menjadi wakil ketua panitia dari Penggubah Soviet pada tahun 1939.

Khacaturian bergabung dengan partai Komunis Uni Soviet pada tahun 1943. Karirnya sempat memburuk pada tahun 1948, karena lirik pada lagunya yang bermaksud membela partai komunis tetapi disalah artikan sebagai hal yang kontra. Hal ini juga dialami tiga komposer lainnya. Lalu khacaturian dan tiga komposer tersebut, diperintahkan sekertaris partai komunis untuk meminta maaf kepada publik. Sebelum Khacaturian mengalami kesalahpahaman yang menurunkan karirnya tersebut, ia banyak menerima penghargaan, begitu juga setelah masalah itu selesai ia juga tetap banyak menerima penghargaan yaitu Stalin Prize (1941,1943, 1946, dan 1950), Lenin Prize (1959), a USSR State Prize (1971) dan The Title of Hero of Socialist Labor (1973). Pada tahun 1957 Khacaturian melanjutkan lagi sebagai sekertaris Dewan Penggubah Serikat dan juga Deputi kelima tertinggi Uni Soviet (1958-1962).

Khacaturian meninggal pada tanggal 1 Mei 1978 pada usia ke 75 tahun. Ia dimakamkan di Yerevan, Armenia bersama dengan musisi Armenia yang terkenal di dunia lainnya. Pada tahun 1998 ia dihormati dengan tampilan pada uang kertas. Khacaturian adalah seorang tokoh ikon untuk generasi komponis Armenia. Karyanya sebagai pelopor gaya baru dan eksplorasi berani, meskipun karyanya secara ketat dikontrol oleh rezim. Khacaturian mendorong komposer muda untuk bereksperimen dengan gaya baru dan menemukan gaya mereka sendiri. Warna-warni tehnik orkestrasi dikagumi Shostakovich dan masih terkenal karena kesegaran dan vitalitas oleh komposer modern. Pengaruh Khachaturian bisa ditelusuri dalam hampir semua tren tradisi klasik Armenia, baik dalam musik simfonik atau ruang.

Komponis yang terutama dipengaruhi oleh Aram Khachaturian meliputi:

II.2.7 Dmitri Dmitrievich Shostakovich (1906-1975)

Dmitri Dmitrievich Shostakovich (25 September 1906 – 9 Agustus 1975) adalah seorang komponis Rusia dari masa Soviet. Ia mempunyai hubungan yang kompleks denagn pemerintah Rusia, karena dua kali, pada 1936 dan 1948, musiknya resmi dikecam oleh pemerintah dan beberapa kali sempat dilarang. Pada saat yang sama, ia tetap merupakan komponis Soviet yang paling populer dari generasinya dan menerima banyak pujian dan penghargaan negara, dan pernah duduk di Dewan Tertinggi Soviet.

Setelah melalui tahap modernis pada awalnya, Shostakovich menulis denagn berbagai gaya yang merentang dari neoklasik (dengan pengaruh Stravinski) hingga pascaromantik (dengan pengaruh Mahler). Pada umumnya, orang menganggap bahwa karya-karyanya yang terbesar adalah simfoni - simfoninya serta kuartet geseknya, yang masing-masing berjumlah 15. Karya-karyanya yang lain mencakup opera, enam konserto dan sejumlah besar musik film. David Fanning menyimpulkan dalam Grove bahwa:

"Di tengah-tengah tekanan-tekanan yang saling berlawanan dari tuntutan-tuntutan resmi, penderitaan massal saudara-saudara setanahairnya, dan cita-cita ideal kemanusian pribadinya serta pelayanan kepada masyarakat, ia berhasil menciptakan sebuah bahasa musik dengan kekuatan emosional yang kolosal.”

Shostakovich dilahirkan di Podolskaya Ulitsa di St. Petersburg, Rusia. Ia adalah anak kedua dari tiga orang anak yang dilahirkan dalam keluarga Dmitri Boleslavovich Shostakovich dan Sofiya Vasilievna Shostakovich. Secara politik keluarganya liberal (salah seorang pamannya adalah seorang Bolshevik, tetapi di keluarganya juga terdapat sejumlah ekstremis sayap kanan). Dmitri adalah seorang anak yang jenius, baik sebagai seorang pianis maupun komponis. Bakatnya terlihat setelah ia mulai mengambil pelajaran piano pada usia 9 tahun. Pada 1918, ia mengarang sebuah mars pemakaman untuk mengenang dua pemimpin dari Partai Kadet, yang dibunuh oleh para pelaut Bolshevik. Pada 1919, ia diizinkan masuk ke Konservatorium Petrograd, yang saat itu dipimpin oleh Alexander Glazunov. Namun, ia menderita karena kurang memiliki semangat politik dan mula-mula gagal dalam ujian metodologi Marxisnya. Sukses musik pertamanya yang besar adalah Simfoni No. 1 (pertama kali dimainkan pada 1926), yang ditulisnya sebagai karya untuk kelulusannya.

Setelah lulus, mulanya ia ingin mengembangkan karier ganda sebagai pianis konser dan komponis, tetapi gaya bermainnya yang kering seringkali kurang dihargai. Namun demikian, ia sempat memenangi penghargan pada Kompetisi Piano Internasional Warsawa 1927. Setelah kompetisi itu, Shostakovich bertemu dengan dirigennya, Bruno Walter, yang begitu terkesan oleh karya Shostakovich, Simfoni No. 1 sehingga ia memimpin pertunjukan perdananya di Berlin belakangan tahun itu. Setelah itu, Shostakovich berkonsentrasi penuh pada komposisi dan tak lama kemudian membatasi pertunjukan-pertunjukannya terutama pada karya-karyanya sendiri. Pada 1927 ia mengarang Simfoni No. 2- nya yang diberinya subjudul Bagi Oktober. Ketika mengarang simfoni ini, ia juga mulai menulis opera satirisnya, Hidung, yang didasarkan pada cerita karya Gogol. Pada 1929, opera ini dikritik sebagai "formalis" oleh RAPM, organisasi musikus Stalinis. Pertunjukannya mendapatkan tinjauan yang buruk pada 1930.

Tahun 1927 juga menandai awal hubungan sang komponis dengan Ivan Sollenrtinsky, yang tetap menjadi teman terdekatnya hingga Sollertinsky meninggal dunia pada 1944. Sollertinsky memperkenalkan Shostakovich kepada musik Gustav Mahler, yang mempunyai pengaruh yang kuat kepada musiknya mulai Simfoni keempatnya. Pada 1932 ia menikah dengan istrinya yang pertama, Nina Varzar. Kesulitan-kesulitan awal menyebabkan mereka menempuh proses perceraian pada 1935, namun keduanya kemudian rujuk kembali.

Pada akhir 1920-an dan awal 1930-an ia bekerja di TRAM, sebuah teater pemuda proletar. Meskipun ia tidak banyak bekerja dalam posisi ini, hal ini melindunginya dari serangan ideologis. Banyak dari masa ini dilaluinya dengan mengarang opera Lady Macbeth dari Distrik Mtsensk. Karyanya ini pertama kali dipertunjukan pada 1934 dan langsung sukses, baik di tingkat masyarakat umum maupun di tingkat resmi. Opera ini dikatakan sebagai "hasil dari sukses umum dari pembangunan Sosialis, dari kebijakan yang tepat dari Parati" dan bahwa opera seperti ini "hanya dapat ditulis oleh seorang komponis Soviet yang dibesarkan dalam tradisi terbaik dari budaya Soviet."

II.2.8 Georgy Vasilyevich Sviridov (1915-1998)

Georgy Vasilyevich Sviridov (Rusia: Гео́ргий Васи́льевич Свири́дов; biasa dikenal dengan panggilan Vasil'yevich, Vasilievich, Vasil'evich) ( 16 Desember 1915 - 5 Januari 1998) adalah seorang komposer neoromantik Soviet Rusia.

Masa Muda Sviridov

Sviridov lahir pada tahun 1915 di kota Fatezh di propinsi Kursk bagian dari Kekaisaran Rusia (sekarang: Kursk Obalst). Ayahnya, Vasily Sviridov, seorang simpatisan Bolshevik yang menyebabkan terjadinya perang saudara Rusia yang diikuti dengan revolusi Rusia, meninggal ketika Georgy berumur 4 tahun. Keluarganya pindah ke Kursk, dimana Sviridov masih SD, belajar memainkan alat musik pertamanya, balalaika. Belajar musik dengan telinga, dia menampilkan bakat dan kemampuannya yang dia dapat dari orkestra instrumen rakyat lokal Rusia.

Tahun 1929, dia terdaftar di sebuah sekolah musik, dan mengikuti saran dari gurunya, M. Krutinsky, datang ke Leningrad pada tahun 1932, di mana ia belajar piano di Leningrad Central Music College, lulus pada tahun 1936. Dari 1936 sampai 1941, Sviridov belajar di Konservatorium Leningrad dibimbing oleh Peter Borisovich Ryazanov dan Dmitri Shostakovich. Dimobilisasi ke dalam angkatan bersenjata Soviet pada tahun 1941, hanya beberapa hari setelah lulus dari konservatorium, Sviridov dikirim ke akademi militer di Ufa, tetapi diberhentikan pada akhir tahun karena kesehatan yang buruk.

Warisan Musik

Pada tahun 1935 Sviridov membuat siklus lirik romantisme berdasarkan puisi Alexander Pushkin yang membuatnya mendapat pujian kritis pertama. Selama studinya di Konservatorium Leningrad, 1936-1941, Sviridov mempelajari berbagai macam genre yang berbeda dan tipe-tipe komposisi musik yang berbeda. Ia menyelesaikan Piano Concerto No 1 (1936-1939), Simponi No 1 dan Symphony Chamber for Strings (1940).

Kemudian Sviridov akan beralih ke musik warisan Rusia yang kaya, termasuk lagu-lagu rakyat, untuk mencari inspirasi.

Di antara karya orkestra Sviridov, yang paling populer adalah Romance dan Waltz dari karyanya “The Blizzard”, Ilustrasi musik setelah Pushkin (1975), yang aslinya ditulis untuk film 1964 berdasarkan cerita pendek dari karya Pushkin “Kisah Akhir Ivan Petrovich Belkin”. Sebuah segmen pendek dari skor nya untuk Time film 1967 “Time, Forward!” (Время, вперёд!) terpilih sebagai pembukaan acara berita tv malam Vremya (Время, 'waktu') dan menjadi bahan pokok kehidupan Soviet selama beberapa generasi.

Musik yang ia buat pada tahun 1974 untuk cerpen Alexander Pushkin "metel" (khusus Track 9, "The Finale") tidak diragukan lagi menjadi inspirasi di balik tema utama game yang sangat sukses Metal Gear Solid.

Puisi selalu memiliki tempat penting dalam alam pemikiran Sviridov. Dia menulis lagu dan roman untuk lirik M. Lermontov (1938, 1957), Alexander Blok (1941), William Shakespeare (1944-1960), Robert Burns (1955). Meskipun popularitas karya-karya instrumental Sviridov, baik komposer dan kritikus musik memberikan saran bahwa vokal dan paduan suara menjadi kekuatan utamanya. Pathetic Oratorio (1959) setelah masa Vladimir Mayakovsky disebut sebagai render musik dari salah satu penyair revolusi Rusia yang paling populer. Ruang produktif vokal dan simfoni Sviridov termasuk oratorio untuk mengenang Sergei Yesenin (1956). Little Cantata kayu Rusia (1964) setelah masa Yesenin, Cantata Songs of Kursk (1964), Spring Cantata (1972) setelah masa Nikolai Nekrasov, lagu, roman, dan cantatas setelah masa Fyodor Tyutchev, Sergei Yesenin, Alexander Blok, Boris Pasternak, Alexandr Prokofiev, Robert Rozhdestvensky. Ia juga menulis satu opera Twingkling Lights (1951).

Sementara musik Sviridov tetap sedikit dikenal di Barat, karya-karyanya menerima pujian yang tinggi di tanah airnya untuk lirik melodinya yang berkesan, rasa nasionalisme dan terutama untuk ekspresi besar Rusia dan jiwa Rusia pada musik.

Penghargaan

Pada tahun 1946, Sviridov dianugerahi penghargaan Stalin untuk trio Piano, yang dipengaruhi oleh Tchaikovsky.

Lenin prize tahun 1960 dianugerahkan para komposer untuk Pathetic Oratorio.
Georgy Sviridov dianugerahi USSR State Prize pada tahun 1968 dan 1980 dan dihormati dengan judul Artis Rakyat Uni Soviet. Ia menjadi Pahlawan Buruh Sosialis (1975) dan dua kali dianugerahi Order of Lenin.
Asteroid 4075 Sviridov, ditemukan oleh astronom Rusia Lyudmila Georgievna Karachkina tahun 1982, dinamai Sviridov untuk menghormati Georgy Sviridov.

Kematian

Komposer ini meninggal karena serangan jantung di Moskow, di sana ia tinggal sejak tahun 1956. Pada tanggal 5 Januari 1998, dia meninggal.

BAB III

PYOTR ILYTCH TCHAIKOVSKY

III.2.1 Kehidupan

Peter Ilyich Tchaikovsky (Пётр Ильич Чайковкий) lahir pada tahun 1840 dan meninggal pada tahun 1893. Dia adalah seorang komposer dan pianis. Berasal dari Vjatke (sekarang Udmurtia). Ayah Tchaikovsky merupakan seorang insinyur pertambangan dari Ukraina. Ibunya dan istri kedua dari Tchaikovsky merupakan keturunan Prancis. Pada tahun 1848 dia dan keluarganya pindah ke Saint Peterburg. Semenjak tahun 1859, dia tinggal di tempat kost, sampai tahun 1863 dia bekerja sebagai pegawai negeri sipil di Departemen Kehakiman. Dari tahun 1861 sampai tahun 1865 dia belajar musik di Konservatorium di Saint Peterburg yang didirikan oleh Anton Rubinstein pada tahun 1862.

Sampai pada tahun 1877 dia tinggal dan bekerja di Moskow. Di sini dia belajar di konservatorium dan menulis kritikan musik untuk Moscow News.

Kegugupan dan kekacauan emosi, beserta homoseksual yang dia alami, membuat dia tidak tertolong, dan berdampak buruk pada pekerjaanya. Dia menikahi Anatonino Miljukovo, namun pernikahannya hanya sebentar.

Wanita yang sangat berpengaruh pada kehidupannya adalah seorang janda kaya bernama Nadeshda von Meck Filaretovna, sahabat penanya dari tahun 1877 sampai tahun 1890, meskipun mereka tidak pernah bertemu. Wanita itu sangat menyenangi musik Tchaikovsky sehingga memberi dukungan finansial 6000 rubel per tahun. Hal inilah yang membuat Tchaikovsky semakin giat berkarya.

Berhenti mengajar di Moskow dan di Rusia, dia banyak melakukan perjalanan. Pada tahun 1892 dia menetap di Klinu dekat Moskow. Ketenaran dunia membuatnya tidak memiliki privasi.

Hanya sembilan hari setelah pertunjukkan Sixth Symphony-nya pada tahun 1893, dia meninggal.

Balet

Tchaikovsky paling terkenal dengan baletnya. Pertama, Swan Lake (op. 20) antara tahun 1871 dan tahun 1876. Dipentaskan di teater Bolshoi di Moskow pada 4 Maret 1877. Salah satu karya Tchaikovsky yang terbaik dalam balet, yakni Sleeping Beauty (op. 66). Dia menulis itu sekitar 13 tahun kemudian antara 1888 dan 1889. Pertama kali ditayangkan pada 1890 di Teater Marinir di St Petersburg. Balet terakhirnya kurang begitu terkenal, yakni The Nutcracker (op. 71), yang diciptakan antara 1891 dan 1892.

Opera

Dia menulis 10 opera. Yang paling terkenal adalah Eugene Onegin (1877-1888) dan The Queen of Spades (op. 68, 1890). Keduanya muncul atas saran Aleksander Sergeyevich Pushkin.

Simfoni

Awalnya simfoni Tchaikovsky merupakan karakter nasionalis yang bahagia, kemudian penuh dengan menyenangkan, perasaan dan gejolak, terutama dalam rasa putus asa. Berikut ini enam karya simfoni Tchaikovsky:

Konser

Dari tiga piano konserto, yang pertama di B-flat minor (op. 23 1874 - 1875 ) merupakan yang paling dikenal dan paling dihargai.

Karya-karya lain

Variasi pada Tema Rococo untuk Cello dan Orchestra, Op. 33 33

Di antara karya yang lain untuk orkestra yang sangat terkenal 1812 Overture (op. 49. 1880), fantasi pembukaan Romeo and Juliet (1881), Italia Capriccio (op. 45, 1880), dan Slavia Maret (op. 31, 1876).

Banyak komposisinya mencakup karya-karya untuk paduan suara dan juga banyak lagu, musik kamar dan musik untuk piano.

III.2.2 Peranan Karya-Karya Tchaikovsky

Pada 1885, Tsar Aleksander III meminta opera Eugene Onegin dipentaskan di Bolshoi Kamenniy Theater. Hal ini merupakan prestasi tersendiri bagi Tchaikovsky, musik Tchaikovsky diakui menggantikan opera Italia yang sebelumnya merupakan seni bagi kalangan kekaisaran. Tchaikovsky mendapat pensiun seumur hidup berjumlah 3.000 rubel per tahun dari Tsar.

Tchaikovsky merupakan komposer yang terkenal di dunia. Salah satu karya Tchaikovsky yang paling terkenal adalah karya simfoninya yang merupakan Pathetique (memiliki nuansa penderitaan), karya Simfoni no.6 dalam B Minor ini merupakan salah satu karya terbaik dari musik simfoni yang terkenal di dunia.

Pada tahun 1885, karya-karya Tchaikovsky dipublikasikan di Prancis. Pada tahun 1887 Tchaikovsky pergi ke Leipzig untuk menjadi konduktor tamu dalam sebuah orkestra, yakni Gewandhaus Orchestra. Kemudian dia pergi ke Hamburg, di sana Tchaikovsky menampilkan beberapa karya besarnya. Setelah dari Hamburg, dia ke Berlin, kemudian ke Inggris. Dari perjalanan-perjalanannya dia memperoleh kesuksesan.

Setelah kembali ke Rusia, kemudian dia pergi ke Amerika pada tahun 1891. Selain sebagai konduktor tamu pada acara peresmian Carnegie Hall di New York, dia juga mengadakan empat konser di New York, satu di Baltimore, dan satu di Philadelphia.

Pada tahun 1893 Tchaikovsky mendapat gelar Doktor Musik dari Universitas Cambridge. Perjalanan turnya itu memberikan sumbangsih terhadap perkembangan musik Rusia pada waktu itu.

Musik Tchaikovsky memiliki ciri yakni, terinspirasi dan menggunakan melodi rakyat Rusia, dia menunjukkan keindahan melodi tradisional Rusia sehingga Eropa dan dunia mengenal musik Rusia. Melodi tradisional Rusia ini digabungkan dengan teknik dan komposisi gaya Eropa Barat. Teknik-teknik yang dipergunakan Tchaikovsky dipengaruhi oleh teknik-teknik yang berasal dari Jerman, Italia, dan Prancis.

Musikolog Rusia, Solomon Volkov, mengatakan bahwa Tchaikovsky mungkin komposer pertama Rusia yang secara serius memikirkan cara agar musik Rusia mendapat tempat di budaya musik Eropa.

Selama karir musiknya, Tchaikovsky telah menciptakan lebih kurang 170 karya musik, baik itu konserto, simfoni, overture, musik balet, dan musik untuk vokal.

Selain menciptakan musik, Tchaikovsky juga mengajar di Konservatorium Musik di Moskow. Salah satu muridnya Sergey Taneyev (1865-1915), yang menghasilkan murid yang sangat berpengaruh bagi perkembangan musik Rusia pada awal abad ke-20, antara lain adalah Alexander Skriabin (1872-1915) dan Sergey Rakhmaninov (1873-1943). Selain itu, Tchaikovsky juga menginspirasi Sviridov dalam mengahasilkan karya-karyanya sehingga Sviridov mendapatkan penghargaan Stalin.

BAB IV

KESIMPULAN

Peter I yang memperkenalkan gaya musik barat ke Rusia pada abad ke-18 akan mempengaruhi dan membuka musik klasik di Rusia selanjutnya. Seorang komposer besar pertama Rusia yang muncul pada abad itu yaitu Glinka. Glinka juga dikenal sebagai bapak musik klasik Rusia membuka inspirasi bagi komposer-komposer Rusia sesudahnya tidak terkecuali komposer besar Rusia Tchaikovsky. Tchaikovsky adalah komposer besar Rusia yang sangat terkenal tidak hanya di Rusia, tetapi juga di Eropa dan dunia. Teknik yang dia buat sangat mengagumkan dengan menggabungkan unsur-unsur tradisi Rusia dan dikomposisikan dengan ala barat (Eropa). Selain itu, dia juga sangat cerdas menuangkan semua emosinya ke dalam karya-karyanya terutama karya simfoninya. Perpaduan teknik dan unsur-unsur Rusia serta emosi yang keluar dalam karya-karyanya itulah yang menyebabkan Tchaikovsky bisa membawa musik klasik Rusia terkenal di Eropa dan dunia. Selain itu, Tchaikovsky juga banyak memberikan pengaruh pada komposer-komposer besar Rusia lainnya, seperti Rachmaninoff, Alexander Nikolayevich Scriabin, Sviridov dan lain-lain.

Daftar Pustaka

Sumber Buku:

Bowers, Faubion. Scriabin, a biography, New York: Dover, 1995.

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Madah University press, 1985.

Schloezer, Boris de, Scriabin: artist and mystic, Berkeley: University of California Press, 1987.

Sumber Internet:

http://www.naxos.com/person/Alexander_Scriabin/24840.htm

http://www.answers.com/topic/alexander-scriabin

www.bankskripsi.com/article/glinka+bing+reference

www.gurumuda.com/bse/para-komposer-jaman-romantik

http://www.classical.net/music/comp.lst/borodin.php

http://en.wikipedia.org/wiki/Alexander_Borodin

http://www.biographybase.com/biography/Borodin_Alexander.html

Pyotr_Ilyich_Tchaikovsky.htm

http://www.randlltd.com/russianart1.php

http://en.wikipedia.org/wiki/Russian_culture

http://en.wikipedia.org/wiki/Music_of_Russia

http://en.wikipedia.org/wiki/Russian_classical_music

http://en.wikipedia.org/wiki/Romantic_music

http://classicalmusic.about.com/od/historyofballet/a/swanlakeproa.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/Russian_culture#Performance_arts

Sumber skripsi:

Israr, Fanny Hafiz Ahadi. Pyotr Ilyich Chaikovsky dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Musik Rusia pada Abad XIX. 2005.

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Hi, salam kenal. Senang skripsi saya bisa bermanfaat :)
    Salam, Fanny Israr.

    ReplyDelete