Friday, June 17, 2011

morfologi rusia - nomina

47. Kata Benda (Nomina)

(halaman 175-176)


47.1. Makna Penamaan Nomina, Tanda Morfologi dan Peran Sintaksis pada Nomina

Kata benda (nomina) merupakan kelas kata yang berdiri sendiri. Nomina menandai benda dan menjawab pertanyaan «кто?» dan «что?». Contoh: «кто?» человек, «кто?» тугр (tugra), «что?» ягода (buah bery), «что?» мгновение (detik).

Makna kebendaan merupakan meliputi penyebutan benda (предметов), contoh: зеркало (cermin), книга (buku); orang (лиц), contoh: мальчик, человек; hewan (животных), contoh: белка (tupai), тугр (turga); tumbuhan (растений), contoh: ромашка (margrit), клён (pohon ahorn); Tanda-tanda (признаков) contoh: белизна, красота; kejadian alam (явлений природы), contoh дождь (hujan), ветер (angin) dan tindakan (действий), contoh: бег (lari), прыжок (lompat).

Makna kebendaan pada nomina diwujudkan dalam kategori gramatika род, число, падеж, одушевлености (bernyawa) atau неодушевлености (tidak bernyawa). Kata benda (tanpa pengecualian) memiliki tiga jenis atau gender (род): мужкому (maskulin), женскому (feminin), среднему (netral). Nomina dapat diubah bentuknya berdasarkan kasus (падеж), contohnya: растение (именительный падеж), растения (родительный падеж), растению (дательный падеж), dan seterusnya. Kata benda menpunyai bentuk tunggal dan jamak, dan menunjukkan benda bernyawa atau tidak bernyawa.

Kata benda merupakan bagian dari kalimat, tapi karakteristik katanya dalam kelas kata berfungsi sebagai subjek dan дополнения (tambahan/pelengkap). Contohnya:

1. Чай и кофе носила Обломову сама хозяйка.

(Nyonya rumah sendiri yang membawakan kepada Oblomovu teh dan kopi).

Сама Хозяйка merupakan nomina sebagai subjek.

Чай и кофе merupakan nomina sebagai objek langsung.

Обломову merupakan nomina sebagai objek tak langsung.

2. Чувство новизны, радости согревало ее.

(Perasaan yang baru dan gembira menghangatkan dia).

Чувство merupakan nomina sebagai subjek.

Kata Чувство tersebut mempengaruhi новизны dari kata новизна dan радости dari kata радость. Perubahan tersebut dikarenakan nomina bertemu nomina, maka nomina kedua terkena kasus genitif (родительный падеж)

3. А этот дождик, солнечхый и редкий, мне утешенье.

Дождик merupakan nomina sebagai subjek.

Утешенье merupakan nomina sebagai pelengkap atau keterangan.

4. я свернул за шалашом в цолнечную аллею.

За шалашом merupakan nomina sebagai objek tidak langsung.

В цолнечную аллею merupakan nomina sebagai pelengkap atau keterangan (tempat).

47.2. Nomina Bernyawa dan Tidak Bernyawa

(halaman 176-177)


Kata benda dibagi lagi menjadi bernyawa dan tidak bernyawa. Kata benda bernyawa (одушебленные имена существительные) – untuk makhluk hidup (кто?). Contohnya мужчина, ком, dan lain-lain. Kata benda tak bernyawa (неодушевленные имена существительные) – untuk benda yang sifatnya tidak hidup atau tidak bernyawa (что?). Contohnya аптека, поезд.

Dalam bahasa Rusia, bentuk kata benda bernyawa kasus akusatif jamak (винительного падежа множественного числа) sama dengan bentuk kasus genitif jamak (родительного падежа множественного числа). Contoh: вижу учеников (в.п) - нет учеников (р.п). Bentuk kata benda tidak bernyawa kasus akusatif jamak (винительного падежа множественного числа) sama dengan kasus nominatif jamak (именительного падежа множественного падежа). Contoh: вижу карандаши (в.п) - лежат карандаши (им.п).

Selain kata benda bernyawa untuk menyebut orang dan hewan, dapat pula digolongkan sebagai berikut:

a. Игрушeк (mainan), механизмов (alat) yang menyerupai bentuk orang. Contohnya: матрешка, робот, снеговик, кукла, dan lain-lain.

b. Mифических существ (tokoh mitos). Contoh: леший, черт, русалка, домовой, dan lain-lain.

c. Шахматных и карточных фигур (pion dan kartu). Contoh: ферзь, валет, dan lain-lain.

d. Kata мертветц, покойник, утопленник (tetapi труп tidak termasuk)

Kata benda tak bernyawa digolongkan menjadi:

a. Nama tumbuhan: клен, астра, жасмин, dan lain-lain.

b. Nama sekumpulan makhluk hidup: народ, армия, толпа, стая, dan lain-lain.

Untuk mikroorganisme (вирус, бактерия, бацилла) dan kata-kata зародыш, эмбрион, личинка. Kata-kata ini digolongkan menjadi kata benda tak bernyawa dikarenakan persepsi orang Rusia dalam hal mengenai mikroorganisme adalah suatu hal yang mati, atau bisa dibilang karena tidak menyerupai manusia. Oleh karena itu mikroorganisme bukan termasuk kata benda yang bernyawa.

Selain daripada yang telah disebutkan di atas, terdapat makna kiasan yang tergantung pada konteksnya. Makna kiasan ini terdiri dari kata benda yang semula bernyawa menjadi tidak bernyawa, atau sebaliknya. Contoh, kata Жили-были. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti “kehidupan” yang termasuk ke dalam jenis kata benda bernyawa. Namun dalam cerita rakyat Russia, kata ini sering muncul dan memiliki arti “pada zaman dahulu kala” yang termasuk ke dalam jenis kata benda tak bernyawa.

Makna kiasan tergantung pada konteksnya, yang semula bernyawa dapat menjadi tidak bernyawa atau sebaliknya.

Contoh : жили-были semula artinya adalah ’kehidupan’. Namun dalam cerita rakyat artinya menjadi ’pada zaman dahulu kala’.

47.3. Kata Benda Nama Jenis dan Nama Diri

(halaman 177-178)


Berdasarkan makna leksikal dan ciri gramatikanya, penamaan kata benda dapat berupa nama jenis dan nama diri.

Kata benda nama jenis merupakan penyebutan suatu benda pada umumnya. Contohnya еж (landak), город (kota), ель (pohon cemara), человек (manusia) и.т.д. Sebagian besar kata benda tergolong nama jenis.

Kata benda nama diri merupakan nama benda individu atau orang, termasuk;

1. Nama, nama ayah, nama keluarga, nama samaran, nama julukan orang.

Contohnya: Михаил Юрьевич Лермонтов (nama, nama ayah, nama keluarga), Максим Горкий (nama samaran), Петр Первый (nama julukan).

2. Nama hewan.

Contohnya: Мурка, Зорька, Шарик.

3. Nama obyek geografi.

Contohnya: Мозырь , Припять, Нарочь.

4. Nama astronomi.

Contohnya: Солнце (matahari), Венера (Venus/bintang kejora), Юпитер (Jupiter).

5. Nama makhluk hidup mitologis.

Contohnya: Геркулес (Herkules), Зевс (Zeus).

6. Penyebutan kesusastraan, karya musik, lukisan, koran, majalah, persatuan (perhimpunan), kantor (lembaga), perusahaan, organisasi, peristiwa bersejarah, periode (masa atau jaman), dan lain-lain.

Contohnya: «Обрыв» (роман/roman), «Щелкунчик» (балет/balet), «Джоконда» (картина/lukisan), «Наука» (издательство/badan penerbit), Ренессанс (эпоха/zaman, masa) и.т.д.

(halaman 178-179)


Pada nama diri kata benda juga termasuk nama merek dan jenis. Contohnya (жигули) merk mobil, (грильяж) jenis permen. Benda-benda tersebut merupakan kelompok kata benda, tetapi tidak dapat diciri-cirikan satu persatu.

Nama jenis dapat berubah menjadi kelompok nama diri, contoh: орел (burung elang) - Орел (nama kota), шарик (gundu/kelereng/bolakecil) – Шарик (nama anjing), горизонтал (horizontal) – Горизонтал (merk televisi).

Nama diri juga dapat berubah menjadi nama jenis, contoh: satuan ukur (рентген, вольт, ом, ампер) ketika digunakan oleh para ilmuwan atau dalam pelajaran. Nama diri dari Дон Жуан, Дон Кихот, dapat menjadi nama jenis jika didefinisikan sebagai jenis manusia: донжуан (penggoda, pencari cinta), донкихот (pengkhayal dan pemimpi yang naif)

47.4. Kata Benda Konkrit, Abstrak, Material, dan Kolektif.

(halaman 179-180)


Kata benda konkrit merupakan jenis kata benda yang di dalamnya termasuk benda, kejadian nyata, dan dapat dihitung. Contohnya урок, день, записка, цветок, телевизор. Kata benda konkrit bisa berbentuk kata tunggal dan jamak.

Kata benda abstrak menyatakan sesuatu yang abstrak (sifat, kualitas, tindakan, kondisi, dll). Contohnya: любовь, красота, бег, нежность. Kata benda abstrak tidak dapat dihitung dan hanya memiliki satu bentuk, kata tunggal saja atau kata jamak saja.

Kata benda material merupakan kata benda yang menunjukkan materi, yang dapat dibagi, diukur, tetapi tidak dapat dihitung, biasanya merupakan unsur dan senyawa kimia, mineral, bahan bangunan, obat-obatan, bahan makanan, dll. Contohnya кислород, золото, цемент, мука, картофель, аспирин. Kata kerja material hanya memiliki satu bentuk kata saja, tunggal atau jamak saja.

Kata benda kolektif merupakan kata benda yang menunjukkan kata benda, orang, dan makhluk yang hanya digunakan dalam bentuk tunggal. Contohnya листва, мебель, студенчество, воронье. Kata benda kolektif tidak bisa digabungkan dengan kata bilangan kardinal, dan tidak dapat dihitung.

Kata взвод, группа, табун, рота bukan termasuk kata benda kolektif karena dapat disandingkan dengan kata bilangan kardinal, dan bisa dalam bentuk jamak dan tunggal.

No comments:

Post a Comment